5P dan 7P Dalam Bauran Pemasaran
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Selamat
Malam Semua!!!
Ok, pada Blog kali ini saya akan membahas tentang “5P dan 7P dalam Bauran Pemasaran”
Sebelumnya apa si itu Bauran Pemasaran?
Dalam pemasaran terdapat strategi pemasaran yang disebut bauran pemasaran
(Markting Mix) yang memiliki peranan penting dalam mempengaruhi konsumen agar
dapat membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Elemen-elemen
bauran pemasaran terdiri dari semua variabel yang dapat dikontrol perusahaan untuk
dapat memuaskan para konsumen.
Pengertian bauran pemasaran menurut Buchari
Alma (2007:130) dalam Elisabeth Koes Soedijati dan Sri Astuti Pratminingsih
(2011), “Marketing Mix merupakan strategi mencampur kegiatan-kegiatan
marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang
paling memuaskan.”
Menurut Zeithaml dan Bitner (2008:48), “Bauran pemasaran adalah elemenelemen
organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam
melakukan komunikasi dengan tamu dan untuk memuaskan tamu.”
Sedangkan menurut Kotler dan Armstrong (2012:92), “Marketing mix is good
marketing tool is a set of products, pricing, promotion, distribution, combined to
produce the desired response of the target market.”
Dari ketiga definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran
merupaka alat pemasaran yang baik yang berada dalam suatu perusahaan, di mana
perusahaan mampu mengendalikannya agar dapat mempengaruhi respon pasar
sasaran.
Marketing mix atau yang diserap
ke dalam bahasa Indonesia menjadi bauran
pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga
yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling
menguntungkan untuk pasar yang dituju.
Setelah itu apasi itu 5P?
Mungkin istilah ini asing untuk masyarakat. Apa si
5P itu? 5P adalah taktik marketing yang dapat digunakan dalam kombinasi yang
berbeda-beda untuk memenagkan hati klien dalam target perusahaan. 5P ini dapat
dikontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal perusahaan. Mari kita
bahas apa sajakah 5P itu??
1. 5P
(Konvensional)
Apakah itu 5P ? 5P
adalah taktik marketing yang dapat Anda gunakan dalam kombinasi yang berbeda –
beda untuk memenangkan hati klien dalam target market Anda. 5P ini dapat Anda
kontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal Anda. Kombinasi taktik
marketing yang berbeda – beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien Anda
disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’.
A. Product
(Produk)
Product
disini mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan
didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat
memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan
atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and
development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.
B. Price (Harga)
Price
berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan
mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien
Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya
lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya
juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
C. Promotion (Promosi)
Aktivitas
promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik
penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut
disebut sebagai taktik marketing.
D. Place
(Tempat)
Place
adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau
didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci
utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan
mudah.
Jika
Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci
utama taktik marketing Anda.
E. People
(Orang)
People
mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri
Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda
telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung
Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada
akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
Pasarkan bisnis
Anda secara kompetitif dengan merekrut orang yang tepat, pelatihan
staf Anda untuk mengembangkan keterampilan mereka, dan
mempertahankan staf yang baik.
Selanjutnya 7P?
Pakar
Marketing yaitu Lovelock dan Wright mengembangkan bauran pemasaran menjadi
integrated service management dengan menggunakan pendekatan 7P.yaitu sebagai
berikut:
7P
(commercial)
Dalam
komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam
bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix),
lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari
marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam marketing mix
perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar
pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi
pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people,
process, dan physical evidence.
1. Product (The Services)
Produk
jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan
konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli
barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.
Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh
konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
2. Price
Penetapan
harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh
pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total
dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan
sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta
persaingan.
3. Place
Tempat
atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan
karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya
rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi
tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi
yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk
menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik
tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan
yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur
place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran
juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran
4. Promotion
Promosi
merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik,
dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi
persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen,
baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.
Tujuan kegiatan promosi antara lain :
·
Mengidentifikasi dan
menarik konsumen baru
·
Mengkomunikasikan
produk baru
·
Meningkatkan jumlah
konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
·
Menginformasikan
kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
·
Mengajak konsumen
untuk mendatangi tempat penjualan produk
·
Memotivasi konsumen
agar memilih atau membeli suatu produk.
5. People
People
merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan
karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan
berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge
(pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal
perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam
people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment
of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen.
Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti
penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan
tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian
pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
6. Process
Process,
mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada
konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu
sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh
operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang
terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal
terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
7. Physical Evidence
Building
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter .
Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system,
dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi
mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan
ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan
nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa
dengan kelas market khusus.
REFRENSI:
(Diakses tanggal 8 November 2018)
(Diakses tanggal 8 November 2018)
(Diakses tanggal 8 November 2018)
(Diakses tanggal 8 November 2018)
(Diakses tanggal 8 November 2018)
Komentar
Posting Komentar