Sistem Produksi PT.Santos Jaya Abadi
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat Malam Semua!!!
Kali ini saya akan menjelaskan tentang system
produksi PT. Santos Jaya Abadi.
Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang system
produksi itu sendiri.
Sistem Produksi adalah satu rangkaian operasi yang mengolah atau memproses
input berupa bahan mentah (raw material), bahan
setengah jadi (intermediate product), part,
komponen dan/atau rakitan (subassembly) untuk
menghasilkan output bernilai tambah (value added product)
atau produk akhir (finished good) dengan mempergunakan
sumber daya (resource) dari elemen teknologi (mesin, peralatan,
fasilitas produksi dan energi) dan elemen organisasi (tenaga kerja, manajemen,
informasi dan modal).
Sistem Produksi meliputi aktivitas perancangan (design), pengadaan (procure), pembuatan
(produce), penyimpanan (store), pengiriman (deliver) dan pelayanan (service).
Industri adalah bidang
usaha atau kegiatan yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja
dengan/tanpa dibantu alat-alat kerja untuk menghasilkan output yang bernilai
tambah. Industri menjadi mata rantai usaha dalam menghasilkan produk yang
berfungsi untuk membantu manusia sebagai individu atau komunitas. Output dari
industri atau produk bisa berwujud barang atau jasa.
Sistem Produksi
mencakup semua industri mulai dari industri hulu ke industri hilir. Sistem
produksi diterapkan di industri barang maupun industri jasa. Dalam industri
barang misalnya industri manufaktur, industri pertanian, industri pertambangan,
industri kimia dan lainnya. Dalam industri jasa misalnya industri kesehatan,
industri keuangan, industri transportasi, industri informasi dan lainnya.
Michael Porter menggambarkan sistem produksi sebagai rantai
nilai (value chain) sebagai rangkaian aktivitas untuk
menghasilkan margin nilai tambah di mana aktivitas-aktivitas utama (primary activities) didukung oleh aktivitas-aktivitas
penunjang (support activities)
PT Santos Jaya Abadi yang
mewarisi tradisi sekental kopinya. Sebagai usaha keluarga pemilik merk kopi
terbesar di Indonesia, akar perusahaan ini mulai tumbuh dari sebuah industri
rumah tangga sederhana di Surabaya, di mana lebih dari 79 tahun silam pada
tahun 1927, Sang Pelopor Go Soe Loet memproduksi kopi terkenalnya.
Dalam rentang waktu
tak terlalu lama, perusahaan mulai memproduksi kopi dengan merk “Kapal Api”
yang secara langsung mengaspirasikan simbol teknologi tertinggi dan kemewahan
pada zaman tersebut. Lebih dari itu, inspirasi untuk senantiasa mengacu pada
kualitas, menjadikan perusahaan mengalami kemajuan yang pesat dan
berkelanjutan.
Pada tahun 1970,
perusahaan melakukan perkembangan sekaligus perubahan. Generasi kedua mulai
tampil untuk memastikan kelanjutan dan kesuksesan usaha dengan memperkenalkan
mesin dan peralatan mutakhir, mengembangkan manajemen, meningkatkan
keterampilan tenaga kerja serta memperluas penyebaran produk hingga tersedia di
seluruh Jawa Timur.
Tahun 1980 kami
membangun pabrik yang sekarang berada di Sepanjang, Sidoarjo, Jawa timur. Pada
tahap ini, merk Kapal Api telah menjadi penyangga utama perusahaan yang
tersebar rata di seluruh Indonesia sekaligus menjadi pemimpin pasar dengan
rangkaian produk lengkapnya.
Melanjutkan sukses merk Kapal Api dan demi kepuasan pelanggan,
PT Santos Jaya Abadi memperkenalkan beberapa merk kopi lain yang juga berhasil
meraih sukses di pasaran, yaitu Excelso, ABC, Good Day, Ya dan Kapten. Hingga kini, PT Santos Jaya Abadi dengan
rangkaian produknya telah menjadi bagian dari keseharian dan bahkan berlangsung
dari generasi ke generasi.
Saat ini, pasar kopi
olahan sudah menjadi industri yang sangat terfragmentasi. Dengan lebih dari 500
perusahaan pengolahan kopi di Indonesia, maka tingkat persaingan di industri
ini sudah pasti sangat tinggi. Secara garis besar, pemain di industri ini dapat
dikategorikan ke dalam dua golongan, yaitu mereka yang menggarap pasar nasional
dan mereka yang bermain di pasar-pasar lokal.
Dari sudut pandang
permintaan, pasar kopi bubuk di Indonesia masih memiliki potensi yang cukup
besar. Dibandingkan dengan Amerika Serikat, konsumsi kopi per kapita per minggu
di Indonesia hanyalah sekitar 20%-nya. Ini tentu saja merupakan indikator bagi
daya tarik pasar.
Pangsa pasar kopi
bubuk instant di negara kita hingga kini masih dikuasai Kapal Api Group yang
diproduksi oleh PT. Santos Abadi Jaya. Perusahaan kopi bubuk yang tumbuh dari
sebuah industri rumah tangga sederhana di Surabaya, lebih dari 81 tahun silam
pada tahun 1927, itu kini menguasai mayoritas market share kopi bubuk domestik.
Persaingan bisnis kopi di Indonesia cukup berat karena banyaknya pemain. Namun
demikian karena tingkat konsumsi kopi Indonesia masih rendah, peluang industri
ini sangat menjanjikan.
Saat ini terdapat
sejumlah pemain untuk kategori produk kopi instan. Banyaknya kompetitor
merupakan tantangan yang harus dihadapi dalam persaingan dunia usaha. Dalam
memasarkan suatu produk sangat diperlukan kepaduan 4P yaitu Product, Price,
Place, Promotion. Strategi marketing mix dalam memenuhi kepuasan pelanggan dan
mempertahankan awareness produk di mata pelanggan.
Selanjutnya ada
Sejarah dan Profile Perusahaan
Sejarah dan Profile Perusahaan:
Nama
perusahaan : Kopi Indo
Rasa
Badan hukum : Perseroan Terbatas
Berdiri : 8 Agustus 2009
Alamat : Delta Silicon II Lippo Cikarang, Kavling
Industri, Jawa Barat, Kode Pos 17550
Luas bangunan
: 55,82 x
107,74 m atau sekitar 6000 m2
Luas perkebunan : 35 hektar di Lampung
Modal Pendirian Perusahaan sekitar 3 triliun rupiah
Dr. Ir. Kirbrandoko, MSM., : Rp 1,25 trilyun (41.67%)
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, Msc. : Rp 1,25 trilyun (41.67%)
Sinukaban Jordan Yahya : Rp. 500 milyar (16.67%)
Struktur Organisasi
– Direktur :
Sinukaban Jordan
– Manajer
Adm &
Keuangan :
Ika Arsianti Dwi
– Kabid
Administrasi :
Sanitianing Anggraini
– Kabid
Keuangan :
Goldati Agritha
– Manajer
HRD :
Saiful Zafar
– Kabid
Recruitment :
Husein Brando
– Kabid
Pengembangan
SDM :
Ferry Handoko
– Manajer
Pemasaran :
Renatalido Arios
– Kabid
Sales &
Marketing :
Susan Hanifa
– Kabid
Distribusi :
Andrian
– Kabid
Promosi :
Alfredo Zebua
– Manajer
Produksi :
Muhamad Irfan
– Kabid
Persiapan Bahan
Baku : Amir
Santoso
– Kabid
Processing :
Hendra Purnomo
– Kabid
Packaging &
Storing :
Asep Sudarma
– Manajer
R &
D :
Fajar Rachman
– Manajer
Perkebunan :
Ateris Bilada
Visi, Misi, dan Tujuan Korporasi
Visi : Menjadi perusahaan
kopi instan terkemuka dan terbesar di dunia
Misi : 1)
Mengubah paradigma cara penyajian kopi instan dengan menawarkan
kepraktisan kopi celup bercita rasa khas tinggi
2) Market leader dalam pasar kopi instan.
3)
Menciptakan trend baru penyajian kopi
untuk gaya hidup dinamis
Tujuan : 1) Memenuhi kepuasan konsumen melalui
kepraktisan penyajian kopi celup.
2) Memaksimumkan
profit perusahaan
Motto
: “ Bagi kami, Kepuasan konsumen adalah segalanya ”.
Identifikasi Pemain Pasar
§
Ø Strategi Pemain Pasar :
1.
1. Nescafe :
a)
Meningkatkan intensitas promosi baik melalui media cetak atau elektronik.
b)
Memberikan potongan harga khusus atau penurunan harga jual di tingkat konsumen
akhir
1.
2. Indocafe:
a)
Strategi bertahan dengan memperbaiki performa produknya produknya
b)
Melakukan inovasi dengan membuat produk baru dengan cita rasa yang baik
c)
Memperluas jalur distribusi dan memanfaatkan potensi jalur produksi
1.
3. Kapal Api:
a)
Unggul dalam popularitas merek dan daya tarik promosi
b)
Strategi menyerang dengan melakukan diversifikasi variasi rasa dengan
memanfaatkan popularitas merek
1.
4. Kopi ABC:
a)
Strategi bertahan di tingkat konsumen akhir
b)
Memanfaatkan loyalitas konsumen terhadap produknya.
Lalu, Berdasar data dari Mars Research, menyebutkan perusahaan ini mempunyai pasar penjualan kopi terbesar di Indonesia dengan pemasaran produk-produknya seperti Kapal Api sendiri yang mencapai 44,3% pada tahun 2007 dan dibawahnya diduduki oleh ABC sebesar 17,9% pada tahun yang sama. Kompetitor ketat mereka adalah dari Nescafe, Torabika, Indocafe, Tugu Luwak, Gelatik, Singa, dsb. Dengan besarnya market share yang dimiliki oleh PT. Santos Jaya Abadi adalah sebuah keuntungan dan kebanggaan branded dari Kapal Api. Untuk detailnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini :
Selanjutnya menganalisis SWOT teradap PT.Santosa Jaya Abadi
Diagram SWOT
Setelah diketahui titik
pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada
kuadran I sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung
luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing
kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :
KUADRAN
|
POSISI TITIK
|
LUAS MATRIK
|
RANKING
|
PRIORITAS STRATEGI
|
I (SO)
|
3.68;3.68
|
1
|
Growth
|
|
II (ST)
|
3.68;1
|
2
|
Stabilitas
|
|
III (WO)
|
1;3.68
|
3
|
Penciutan
|
|
IV (WT)
|
1;1
|
4
|
Kombinasi
|
Penjelasan diagram SWOT
adalah sebagai berikut :
·
Pada kuadran I ( S O
Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah
menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada
kesempatan yang ada.
·
Pada kuadran II ( W O
Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan
untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
·
Pada kuadran III ( W T
Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
·
Pada kuadran IV ( S T
Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan
menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Berdasarkan diagram
bobot dan rating setiap unsure matrik SWOT sebagaimana disajikan diatas maka
dapat diketahui bahwa posisi organisasi pada saat ini berada pada kuadran I
yaitu Kuadran STABILITAS dimana strategi yang bisa digunakan
oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap
keunggulan pada kesempatan yang ada.
·
Beberapa bagian yang
harus diambil untuk mendukung prioritas yang dipilih yang tinjau dari matrix
SWOT :
Prioritas Utama PT Kopi Kapal Api ini adalah berusaha
mempertahankan keberadaannya sebagai pemimpin pasar untuk kopi instan terbesar
dan terkemuka di Indonesia dan dunia, memposisikan dirinya sebagai perusahaan
kopi kapal Api berkelas-dunia, dan menjadi pemain global dalam dunia.
1.
Strategi yang perlu
diambil untuk menunjang prioritas utama (S O) adalah dengan :
1.
Mempertahankan kekuatan
/ keunggulan dari produk yang diberikan ke konsumen
Prioritas kedua yang dipilih adalah terletak pada
Penciptaan produk baru.
b. Strategi yang perlu
diambil untuk menunjang prioritas kedua (O W) adalah dengan:
1.
Menyiapkan sarana dan
prasarana pendukung dalam menciptakan aneka rasa kopi
2.
Meningkatkan SDM
3.
Mempromosikan produk
baru tersebut ke masyarakat
Prioritas ketiga yang dipilih adalah terletak pada
Penciutan Bisnis.
c. Strategi yang perlu
diambil untuk menunjang prioritas ketiga (W T) adalah dengan :
1.
Mempertahankan
segmentasi pasar yang ada dengan menciptakan produk-produk terbaru dengan
segala inovatif yang dapat menarik minat masyarakat.
Prioritas keempat yang dipilih adalah terletak pada
Diversifikasi Konglomerasi.
d. Strategi yang
perlu diambil untuk menunjang prioritas keempat (T S) adalah dengan :
1.
Karena pada kuadran
pertama ini perusahaan dituntut menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil
setiap keunggulan pada kesempatan yang ada untuk menginovasi beraneka ragam
kemasan kopi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
STRENGTH
memiliki cita rasa
yang baik sebagai produsen consumen good and beverage.
kopi yang memiliki ramuan
istimewa yang menawarkan kulaitas terbaik kerana dibuat dari biji kopi
pilihan serta diolah secara khusus.
|
WEAKNESS
Anak muda kurang suka
jenis kopi berampas
|
|
OPPORTUNITY
Meningkatnya
jumlah penikmat kopi di Indonesia
2. Sangat
mudah untuk di dapat oleh penikmatnya karena pendistribusian yang luas
|
STRATEGI SO
Sebagai perusahaan
kopi yang memiliki cita rasa yang baik dan memiliki ramuan istimewa yang
menawarkan kualitas terbaik dibuat dari biji kopi pilihan dan memudahkan
penikmat kopi yang semakin meningkat
|
STRATEGI WO
dengan adanya varian
baru yaitu produk kopi dengan kemasan instan
|
THREATH
Persaingan
kopi di Indonesia cukup ketat dengan kehadiran produk kopi lain yang
bermunculan.
2. Maraknya
tempat makan yang menyajikan sajian kopi.
3. Banyaknya
media baru dan tingginya promosi competitor
|
STRATEGI ST
Membuatn PT santos
jaya abadi mampu menghadapi peeusahaan lain dengan menemukan inovasi/varian
baru
|
STRATEGI WT
Produk PT. Santos Jaya
Abadi memiliki varian produk yang sangat m
|
Ok, Cukup sekian blog saya yang berjudul sistem produksi itu sendiri, semoga dapat memberi manfaat kepada pembaca. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Refrensi :
(diakses 15 November 2018)
(diakses 15 November 2018)
(diakses 15 November 2018)
(diakses 15 November 2018)
Komentar
Posting Komentar